Penjaminan Mutu

Pelaksanaan penjamin Mutu di Program Studi Pendidikan Matematika dilakukan oleh unit kerja Tim pelaksana penjamin mutu Program Studi Pendidikan Matematika. Pelaksanaan penjaminan mutu di tingkat Program Studi dinamakan Unit Penjaminan Mutu (UPM). UPM merupakan bagian dari Gugus Penjaminan Mutu (GPM) di tingkat Fakultas, sedangkan GPM merupakan bagian dari Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) di tingkat IKIP Muhammadiyah Maumere. Pembagian kerja LPM, GPM, dan UPM sesuai dengan SK Rektor IKIP Muhammadiyah Maumere Nomor : 466/KEP/II.3.AU/F/2018 tentang Rincian Tugas Pejabat Struktural di Lingkungan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Maumere, yang bertanggung jawab untuk menjamin ketercapaian standar di tingkat Program Studi. Standar penjaminan mutu dibuat di tingkat institusi, sedangkan pelaksanaannya di tingkat Fakultas dan Program Studi.

Kegiatan utama UPM adalah pada aspek merancang dan mengontrol mutu, seperti: perencanaan pembelajaran terutama berkaitan dengan pembuatan silabus dan RPS; proses perkuliahan dengan mengontrol berita acara perkuliahan; kompetensi dosen sesuai dengan keahliannya; soal UTS, UAS, tugas-tugas; serta ketepatan waktu penyerahan nilai hasil studi. Proses pelaksanaan yang dilakukan oleh UPM ialah menyebarkan beberapa angket yang bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan sivitas akademika dan tenaga kependidikan.

UPM sudah melakukan beberapa kegiatan antara lain: survei pemahaman visi dan misi prodi; survei kepuasan dosen; survei kepuasan tenaga kependidikan; survei kepuasan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika; survei kepuasan pengguna lulusan (stakeholder) Program Studi Pendidikan Matematika; dan evaluasi Mutu Internal Program Studi Pendidikan Matematika. Evaluasi Mutu Internal Program Studi yang terdiri dari: pembinaan iman dan taqwa; pengelolaan lembaga; pengembangan kurikulum; proses pembelajaran; penciptaan suasana akademik; pembinaan kemahasiswaan; kompetensi lulusan; dosen dan tenaga kependidikan; pembiayaan; sarana dan prasarana; sistem informasi dan promosi; penelitian dan publikasi ilmiah; pengabdian dan pemberdayaan masyarakat; kerja sama dalam dan luar negeri; dan evaluasi kinerja.