Pelacakan Alumni

Upaya insentif dilakukan oleh Program Studi Pendidikan Matematika dalam pelacakan dan perekaman data lulusan. Pengumpulan data mencakup profil mahasiswa, masa tunggu kerja pertama, posisi kerja pertama, dan kesesuaian bidang kerja dengan bidang Program Studi. Untuk mendapatkan informasi – informasi tersebut, maka Program Studi Pendidikan Matematika melakukan pelacakan dengan cara:

  1. Metode pelacakan

Metode yang digunakan Program Studi Pendidikan Matematika dalam pelacakan lulusan yaitu: Penyebaran kuesioner kepada pengguna lulusan.

  • Proses dan Mekanisme
  • Program Studi Pendidikan Matematika mengidentifikasi instansi-instasi tempat alumni Program Studi Pendidikan Matematika bekerja melalui website IKIP Muhammadiyah, Facebook, WhatsApp Group.
  • Program Studi Pendidikan Matematika membuat instrument kuesioner kinerja alumni oleh pengguna lulusan.
  • Kuesioner yang telah diisi oleh pengguna lulusan dikirim kembali ke Program Studi Pendidikan Matematika atau bisa juga diambil langsung oleh Program Studi Pendidikan Matematika yang disertakan dengan SK atau Surat Tugas Alumni.
  • Kuesioner dikirim ke instansi-instansi pengguna lulusan secara langsung atau melalui email/WhatsApp.
  • Program Studi Pendidikan Matematika membuat tabulasi dari kuesioner-kuesioner yang telah terisi untuk selanjutnya dianalisis

Program Studi Pendidikan Matematika juga membuat rekam jejak alumni pasca lulus, dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Program Studi Pendidikan Matematika membagikan lembar data diri alumni dan diisi pada saat pendaftaran wisuda agar data terekam oleh pihak prodi.
  2. Program Studi Pendidikan Matematika menghubungi alumni melalui sambungan telepon atau WhatsApp group atau facebook group untuk menginformasikan adanya kegiatan temu alumni yang diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Matematika atau Fakultas PMIPA agar tetap terjalinnya silahturahmi.
  3. Dengan WhatsApp group dan facebook group, para alumni dan Program Studi Pendidikan Matematika bisa saling mengetahui kondisi ataupun kegiatan terkini masing-masing, selain itu juga bisa share informasi lowongan kerja, beasiswa S2, S3 dan kegiatan ilmiah yang terkait dengan Pendidikan Matematika.