Layanan Mahasiswa

No. Jenis Pelayanan kepada Mahasiswa Bentuk kegiatan, Pelaksanaan dan Hasilnya
(1) (2) (3)
1 Bimbingan dan konseling Bentuk Kegiatan : Layanan bimbingan dan konseling di bidang akademik untuk mahasiswa. Pelaksanaan : Layanan diberikan oleh DPA kepada mahasiswa secara berkala yaitu pada awal semester, DPA memantau KHS mahasiswasehingga dapat mengarahkan mahasiswa untuk menentukan keputusannya pada saat pengisian KRS. Hasil : Mahasiswa dapat memprogram mata kuliag sesuai dengan alur studi dan kemampuannya, sehingga dapat meningkatkan prestasi mahasiswa. Bentuk Kegiatan : Layanan bimbingan dan konseling di bidang non akademik yang berkaitan dengan masalah psikologi mahasiswa. Karena masalah psikologi dapat mempengaruhi perkuliahan mahasiswa seperti menurunnya prestasi mahasiswa. Pelaksanaan : Konsultasi dilakukan secara individual oleh konselor yang ditugaskan Program Studi yaitu Dosen Tetap IKIP Muhammadiyah yang berkompeten di bidang psikologi. Konsultasi dilakukan sesuai kebutuhan mahasiswa yang disesuaikan dengan jam kerja. Hasil : Mahasiswa Dapat Mengatasi kesulitannya dan menempuh kuliah dengan lancar. Bentuk Kegiatan : Layanan bimbingan pada saat penulisan skripsi. Pelaksanaan : Bimbingan skripsi dilakukan oleh dosen pembimbing skripsi yang telah ditetapkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika. Bimbingan dilaksanakan minimal 3 jam dalam seminggu yang tersebar dalam 3-5 hari kerja yang berbeda. Waktu yang disediakan ini digunakan untuk bimbingan studi, bimbingan skripsi, bimbingan atau konsutasi lainnya. Untuk pembimbing skrips, mahasiswa dan dosen harus mengisi kartu bimbingan skripsi. Mahasiswa dapat maju dalam seminar proposal dan ujian akhir jika dosen pembimbing telah memberikan persetujuan dalam kartu bimbingan tersebut. Hasil : Mahasiswa dapat menyelesaikan skripsi sesuai waktu yang ditargetkan.
2 Minat dan bakat (ekstra kurikuler) Bentuk Kegiatan : Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMP) Pendidkan Matematika. Pelaksanaan : Kegiatan HMP berfokus pada kegiatan yang menunjang keorganisasian dan akademik. Kegiatan yang dilaksanakan HMP diantaranya adalah: Latihan Kepemimpinan, diskusi aktual, seminar akademik dll. Hasil : Mahasiswa mampu melakukan pengkaderan dan bernegosiasi, serta mahasiswa mampu menyelenggarakanberbagai kegiatan ilmiah. Bentuk Kegiatan UKM Pramuka Pelaksanaan : UKM pramuka dilaksanakan 1 kali dalam 1 minggu di setiap semester. UKM peramuka menjadi prasyarat untuk mengikuti mata kuliah kepanduan. Hasil : Mahasiswa memiliki kompetensi di bidang kepramukaan yang ilmunya bisa diaplikasikan di dalam kehidupan bermasyarakat Bentuk Kegiatan UKM Teater Dala Pelaksanaan : UKM Teater Dala dilaksanakan 1 kali dalam seminggu di setiap semester. Hasil : Mahasiswa dapat mengembangkan minat dan bakatnya. Bentuk Kegiatan : UKM MAPPALA Pelaksanaan : Dalam setahun MAPPALA IKIP Muhammadiyah Maumere melakukan penjelajahan alam sebanyak 2 kali yang dilaksanakan setiap akhir semester. Hasil : Mahasiswa dapat berpartisipasi dalam upaya perlindungan konservasi sumber daya alam dan pelestarian lingkungan. Bentuk Kegiatan UKM SANGGAR DALA GETE Pelaksanaan UKM Sanggar Dala Gete dilaksanakan 1 kali dalam seminggu di setiap semester. Hasil  Mahasiswa dapat mengembangkan minat dan bakatnya. Bentuk Kegiatan UKM PADUAN SUARA CANTAR VOICE IKIPMu Pelaksanaan UKM Paduan Suara Cantar Voice dilaksanakan 1 kali dalam seminggu di setiap semester. Hasil Mahasiswa dapat berpartisipasi dalam kegiatan MTQ dan kegiatan di Gereja
3 Pembinaan soft skills Bentuk Kegiatan Masa Ta’aruf Mahasiswa Pelaksanaan : Masa Ta’aruf dikhususkan untuk mahasiswa baru IKIP Muhammadiyah Maumere yang beragama Islam. Masa Ta’aruf dilaksanakan tepat setelah OKK yaitu 1 kali setiap 1 tahun akademik. Hasil : Mahasiswa lebih mengenal Al Islam dan Kemuhammadiyahan. Bentuk Kegiatan Darul Aqram Dasar (DAD) Kegiatan Pengkaderan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Tingkat Istitut. Pelaksanaan : DAD dikhususkan untuk mahasiswa baru IKIP Muhammadiyah Maumere yang beragama Islam. DAD dilaksanakan setiap awal tahun akademik. Hasil : Membentuk karakter dan kepribadian serta mutumahasiswa dengan internalisasi dasar – dasar Islam dan meletakkan dasar pemahaman intelektualitas. Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk mengantar mahasiswa mengenal dan mengetahui fungsi dn tanggung jawabnya sebagai seorang mahasiswa baik secara akademik maupun secara sosial khususnya sebagai mahasiswa di IKIP Muhammadiyah Maumere. Adanya pengkaderan ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM). Bentuk Kegiatan : Latihan Dasar Kepimpinan (LDK) tingkat Institut. Pelaksanaan : Setiap awal tahun akademik Hasil : Mahasiswa bisa melatih diri untuk menjadi pemimpin. Minimal, menjadi pemimpin dirinya sendiri, dengan pola pengaturan waktu belajar. Tak kalah penting selain berjiwa pemimpin, mahasiswa baru juga ditekankan untuk mampu bersaing dan mengembangkan ilmu dan kreativitasnya.
4 Beasiswa   Bentuk Kegiatan : Pemberian beasiswa secara selektif. Jenis beasiswa yang diterima beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) dan BIDIKMISI. Pelaksanaan : Pemberian beasiswa diberikan kepada mahasiswa yang memenuhi syarat Hasil : Pada tahun 2015 untuk beasiswa PPA dan tahun 2017 untuk beasiswa BIDIKMISI
5 Kesehatan   Bentuk Kegiatan : Penyuluhan : Pergaulan bebas dan Aborsi, Bahaya Narkoba dan HIV/AIDS.Layanan kesehatan insidental (DONOR DARAH) Pelaksanaan : Penyuluhan dilaksanakan sesuai jadwal, sedangkan layanan insidental diberikan antara lain pada saat acara – acara resmi institusi. Hasil : Mahasiswa menambah wawasan dalam bidang kesehatan, dan mahasiswa memperoleh layanan kesehatan secara gratis.